Welcome!!

Rabu, 27 Oktober 2010

STUDENT SITE UNIVERSITAS GUNADARMA

Universitas Gunadarma adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Universitas ini merupakan universitas yang berbasis teknologi komputer. Jadi, jangan heran kalau Universitas Gunadarma  memiliki banyak sekali web – web yang berisikan informasi tentang kegiatan – kegiatan di universitas tersebut. Web – web tersebut dapat diakses oleh semua warga kampus Universitas Gunadarma, baik mahasiswa maupun dosen (staff). Mahasiswa dan dosen dapat mengakses web – web tersebut kapan dan dimana saja. Web web Universitas Gunadarma yang dapat diakses diantaranya, adalah :
20.  http://ugnews.gunadarma.ac.id,
 dan masih banyak lagi web – web lainnya yang dimiliki Universitas Gunadarma.
Pada kesempatan kali ini, Saya akan membahas salah satu web milik Universitas Gunadarma yaitu Student Site. Student Site adalah fasilitas berbasis web yang digunakan oleh semua mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif. Dalam web ini, mahasiswa Universitas Gunadarma dapat mengetahui banyak sekali informasi – informasi yang sangat penting tentang kegiatan perkuliahan di Universitas Gunadarma. Untuk menggunakan student site, pertama – tama mahasiswa wajib meng-aktifasikan accountnya. Setelah berhasil meng-aktifasikan, barulah mahasiswa dapat me-login account student site-nya.

*  KEUNGGULAN STUDENT SITE UNIVERSITAS GUNADARMA
Keunggulan student site Universitas Gunadarma, dapat dilihat pada fitur – fitur yang terdapat di dalam web tersebut. Fitur – fitur yang terdapat di student site Universitas Gunadarma, yaitu :
1.     Locker : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat mengetahui semua hal yang terkait dengan kegiatan akademisnya di Universitas Gunadarma. Dalam Fitur Locker, terdapat menu – menu layanan, yaitu :
  • Home : Kembali ke tampilan awal.
  • WWW NEWS : Mahasiswa dapat membaca info - info terkini tentang Universitas Gunadarma yang juga dimuat di situs resmi universitas.
  • BAAK NEWS : Mahasiswa dapat membaca berita akademis yang bersumber dari BAAK.
  • Lecture Message : Mahasiswa  dapat membaca pesan dari dosen / admin Universitas Gunadarma.
  • Rangkuman Nilai : Mahasiswa dapat melihat rangkuman nilainya.
  • Jadwal Kuliah : Mahasiswa dapat melihat jadwal mata kuliah dan gedung perkuliahan. 
  • Jadwal Ujian : Mahasiswa dapat melihat jadwal ujian yang akan dihadapinya.
  • Bebas Perpustakaan : Mahasiswa dapat meminta permohonan bebas perpustakaan.
  • Surat Keterangan : Mahasiswa dapat meminta permohonan surat keterangan. 
  • Infor Absensi : Mahasiswa dapat melihat absensinya.
  • Pendaftaran Lomba Blog : Mahasiswa dapat mendaftarkan dirinya untuk mengikuti lomba blog. 
  • Info Seminar : Mahasiswa dapat mengetahui informasi tentang seminar – seminar yang diselenggarakan oleh Universitas Gunadarma.
  • Tulisan (UG Potofolio) : Mahasiswa dapat memposting tulisan – tulisannya. 
  • Tugas (UG Portofolio) : Mahasiswa dapat memposting tugas – tugasnya. 
  • Deposit Library : Mahasiswa dapat meng-upload tulisannya di perpustakaan ini. 
  • Warta Warga : Mahasiswa dapat membaca tulisan – tulisan dari mahasiswa lainnya. 
  • Blog Komunitas (Perbankan, Linux, Fotografi, Robotika, Arsitektur, Ekonomi Syariah, Pasar Modal) : Mahasiswa dapat mengakses blog komunitas – komunitas yang ada di Universitas Gunadarma.
2.     E -mail : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat mengirim dan menerima e-mail dengan kapasitas hingga 100 MB.
3.    Calendar : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat mengatur jadwal hariannya, seperti agenda. Supaya kegiatan – kegiatannya tidak terlewatkan atau terlupakan.
4.     Addressbook : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat mengelola alamat – alamat email dari teman – teman mahasiswa yang bersangkutan.
5.      Info Log : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat membuat catatan dan membuat agenda.
6.     File Manager : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat menyimpan dan mengelola file – file yang dimilikinya.
7.     Forum : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran mengenai suatu topik terkini dengan mahasiswa – mahasiswa lainnya.
8.     Polls : Dalam fitur ini, mahasiswa dapat menjaring pendapat mahasiswa lainnya mengenai suatu topik, peristiwa maupun fenomena yang sedang terjadi.
9.      Bookmark : Dalam fitur ini, dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sering mencari informasi melalui internet, terutama jika mereka memiliki situs favorit yang sering mereka kunjungi. Karena dengan fitur ini, mahasiswa tersebut dapat menyimpan URL situs favoritnya untuk referensi di kemudian hari.

*  KELEMAHAN STUDENT SITE UNIVERSITAS GUNADARMA
Selain keunggulan, terdapat juga kelemahan yang ada pada student site Universitas Gunadarma. Beberapa kelemahan dari student site Universitas Gunadarma, yaitu :
1.    Banyak mahasiswa yang kesulitan dalam meng-aktifasi account student site-nya. Hal ini sering terjadi, karena terdapat kesalahan data sehingga banyak mahasiswa yang tidak bisa meng-aktifasi account student site-nya.
2.     Terkadang sulit di-akses, karena banyaknya mahasiswa yang meng-akses web ini.

Sejauh ini, student site Universitas Gunadarma dapat dikatakan baik karena banyak sekali manfaat – manfaatnya yang sangat berguna bagi para mahasiswa. Akan tetapi, sebaiknya student site perlu ditambahkan fitur – fitur yang lebih menarik supaya mahasiswa tidak bosan mengakses web tersebut. Student Site dapat diakses di http://studentsite.gunadarma.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar