Welcome!!

Rabu, 27 Maret 2013

BERITA YANG MENGANDUNG UNSUR 5 W + 1 H

  ·         BERITA

KEBAKARAN DI PONDOK BAMBU, SATU RUMAH HANGUS
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah rumah hangus terbakar di Jalan Keamanan RT 003/RW 05, Pondok Bambu, Jakarta Timur, Selasa (26/3/2013) pukul 14.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.
Ama (65), saksi mata yang tinggal tepat di sebelah rumah yang terbakar, mengatakan bahwa saat kebakaran terjadi, ia tengah berada di teras rumah. Ia mendengar dari tetangga yang melintas bahwa rumah di sebelahnya terbakar.
"Saya langsung keluar dan melihat gorden rumahnya sudah terbakar," ujar Ama.
Dengan niat mencegah api naik ke atap, Ama pun mendobrak pintu rumah tersebut. Namun, lengan kiri dan kakinya malah terkena kobaran api. Karena itulah, ia lalu keluar dan mendapati tetangga sudah ramai mengerubuti rumah tersebut.
Sementara itu, Ketua RT 003 Ismail mengatakan, pada saat kejadian ia tengah berada di rumah. Ketika mengetahui bahwa rumah yang terbakar ada di lingkungan RT-nya, pria ini segera menghubungi toko serbaada di depan gang untuk meminjam tabung pemadam kebakaran dan menghubungi dinas kebakaran. "Untungnya apinya tidak sampai ke atap dan tidak ada korban jiwa," jelasnya.
Menurut Ismail, bangunan rumah yang terbakar ini dimiliki oleh seseorang bernama Sudjono. Bangunan ini kemudian dibagi menjadi dua rumah hunian dan dikontrakkan ke dua orang bernama Djoko dan Merry. Pada saat kebakaran terjadi, Djoko dan Merry tidak berada di tempat. Keduanya telah dihubungi tentang kejadian tersebut.
Kepala Sie Operasi Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur Mulyanto mengatakan, kebakaran itu diduga akibat hubungan pendek arus listrik. Mulyanto belum dapat memastikan berapa jumlah kerugian yang diderita akibat peristiwa ini. 

SUMBER: 


·         5 W + 1 H (WHAT, WHEN, WHERE, WHO, WHY, HOW)

1.      WHAT (APA) : Peristiwa apa yang terjadi dalam berita diatas?
Peristiwa yang terjadi dalam berita diatas adalah kebakaran yang melanda sebuah rumah.

2.      WHEN (KAPAN) : Kapan peristiwa tersebut terjadi?
Peristiwa tersebut terjadi pada hari Selasa, tanggal 26 Maret 2013, pukul 14.30 WIB.

3.      WHERE (DIMANA) : Dimana peristiwa tersebut terjadi?
Peristiwa tersebut terjadi di sebuah rumah yang berada di Jalan Keamanan RT 003/RW 05, Pondok Bambu, Jakarta Timur.

4.      WHO (SIAPA) : Siapa yang menjadi korban dari peristiwa tersebut?
Yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut adalah seorang saksi mata bernama Ama yang terkena kobaran api ketika hendak mendobrak pintu rumah tersebut, lalu pemilik rumah tersebut yang bernama Sudjono, serta dua orang yang mengontrak rumah tersebut yaitu Djoko dan Merry.

5.      WHY (MENGAPA) : Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi?
Masih belum ada kepastian mengapa peristiwa tersebut terjadi, tetapi polisi menduga bahwa kebakaran tersebut terjadi akibat hubungan pendek arus listrik.

6.      HOW (BAGAIMANA) : Bagaimana keadaan para korban dari peristiwa tersebut?
Keadaan para korban dari peristiwa tersebut adalah satu orang terkena kobaran api dan yang lainnya selamat, karena sedang tidak berada di rumah yang terbakar tersebut.

2 komentar: