Welcome!!

Senin, 11 Maret 2013

(TUGAS 1) KOMPUTERISASI LEMBAGA KEUANGAN DAN PERBANKAN


Nama   : Edgar Arga S. M.
NPM   : 12210240

Kelas   :  3EA09


·         Definisi Uang
Uang merupakan alat tukar menukar barang atau jasa dan sebagai alat pembayaran yang sah.

·         Fungsi Uang
- Sebagai Alat Tukar
- Sebagai Alat Satuan Hitung
- Sebagai Penunjuk Kekayaan dan Kemakmuran Seseorang

·         Definisi Saham
Saham merupakan surat berharga sebagai tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

·         Definisi Obligasi
Obligasi merupakan surat berharga yang berupa surat pengakuan hutang jangka panjang, yang diterbitkan oleh pemerintah maupun perusahaan/swasta.

·         Definisi Deviden
Deviden merupakan sebagian laba perusahaan yang dibagikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham.

·         Definisi Capital Gain
Capital Gain merupakan keuntungan yang diperoleh dari kenaikan harga saham.

·         Definisi Diskonto
Diskonto merupakan jumlah selisih kurang antara nilai kini kewajiban (present value) dengan nilai jatuh tempo kewajiban (maturity value), karena tingkat bunga nominal lebih rendah dari tingkat bunga efektif.

·         Definisi Kredit
Kredit adalah aliran uang, berdasarkan kepercayaan, dari orang yang meminjamkan ke orang yang meminjam, dan sebaliknya.

·         Definisi Tabungan
Tabungan merupakan sebagian pendapatan masyarakat yang tidak dibelanjakan disimpan sebagai cadangan guna berjaga-jaga dalam jangka pendek.

·         Definisi Giro
Giro merupakan suatu istilah perbankan untuk suatu cara pembayaran yang hampir merupakan kebalikan dari system cek. Suatu cek diberikan kepada pihak penerima pembayaran (payee) yang menyimpannya di bank mereka, sedangkan giro diberikan oleh pihak pembayar (payer) ke banknya, yang selanjutnya akan mentransfer dana kepada bank pihak penerima, langsung ke akun mereka.

·         Definisi Deposito
Deposito merupakan sejenis jasa tabungan yang biasa ditawarkan oleh bank kepada masyarakat. Deposito biasanya memiliki jangka waktu tertentu di mana uang di dalamnya tidak boleh ditarik nasabah. Bunga  deposito biasanya lebih tinggi daripada bunga tabungan biasa.

·         CONTOH KASUS:
Terdapat dua perusahaan, yaitu perusahaan A dan perusahaan B. Perusahaan A memiliki modal yang berlebih, sedangkan perusahaan B kekurangan modal. Dalam ilmu ekonomi dapat dilakukan peminjaman dengan berbagai cara, yaitu:
1.Cara Pertama: Dengan melakukan pinjaman secara langsung. Peminjam modal meminta pinjaman modal kepada pemilik modal secara langsung. Ketika pihak yang meminjam modal mengalami pailit, maka resiko yang di tanggung oleh pihak pemodal lebih besar.
2.Cara Kedua: Dengan melakukan pinjaman melalui pasar modal. Dalam pasar modal pihak yg di pinjamkan maupun yang meminjam harus memiliki trust and fine atau yang biasa disebut double confidence. Dalam hal ini pihak yang meminjamkan modal berupa saham atau obligasi, namun biasanya pihak peminjam mengeluarkan surat obligasi terhadap pihak yang meminjamkan, dan terjadinya diskonto.
3.Cara Ketiga: Dengan melakukan pinjaman dengan cara melalui Bank. Dalam hal ini pihak Bank sebagai perantara atas transaksi peminjaman uang. Bagi pihak investor dapat menyimpan dalam bentuk tabungan, giro, deposito. Pihak investor mendapatkan keuntungan atas investasi yang di tanamkan terhadap bank tersebut berupa bunga, dan adapun pihak yang meminjam uang melalui bank tersebut melalui kredit dapat diberikan bunga atas pinjaman. Dalam hal ini pihak bank mendapat keuntungan dan pihak yang meminjam uang tidak terjadi kerugian yang sangat besar, dikarenakan cicilan bunga yang diberikan tidak sebesar resiko jika meminjam langsung dengan investor.

Jadi, dapat kita rumuskan bahwa :
i3 < i2
i1 < i3

Keterangan :  
i1 = Bunga yang didapat Investor
i2 = Bunga yang didapat pihak Bank
i3 = Bunga yang harus dibayar Peminjam

1 komentar: