Welcome!!

Rabu, 10 Oktober 2012

NICHE MARKET



Niche Market adalah pemilihan segmen pasar yang khusus menyediakan produk dan jasa sejenis, guna memuaskan kebutuhan pasar secara spesifik yang bertujuan untuk mendapatkan kepuasan dari pelanggan dan dapat menguasai harga pasar, kualitas maupun demografinya.

Di Indonesia, niche market dikenal dengan nama pasar ceruk. Niche market hanya fokus kepada kelompok tertentu (ceruk).  Salah satu keunggulan dari bisinis niche market adalah akan lebih fokus karena hanya menjual satu jenis produk saja, sehingga akan mudah melayani pembeli. Niche market yang lebih fokus akan membuat si pebisnis memperoleh pelanggan yang berpotensi tertarik dan sangat berminat terhadap produk yang ditawarkan, sehingga mereka akan membeli dan bahkan dapat menjadi pelanggan.

Contoh dari niche market, Jika seseorang ingin berbisnis dalam produk pakaian, maka orang tersebut tinggal menentukan satu produk pakaian yang akan dijual, misalnya khusus untuk pakaian wanita saja, atau khusus untuk pakaian pria saja, atau mungkin khusus untuk pakaian anak-anak saja.

Hal-hal penting yang harus diperhatikan jika seseorang ingin berbisnis niche market, yaitu:
1.       Mengetahui segala sesuatu tentang produk yang akan dijual
2.       Memperhatikan siapa saja calon pembeli yang akan ditawarkan
3.       Memperlihatkan keunggulan produk yang akan ditawarkan


REFERENSI

2 komentar: