·
Definisi
Keputusan Pembelian merupakan
proses – proses yang terjadi pada saat sebelum seorang konsumen melakukan
pembelian suatu produk.
·
Proses Pengambilan Keputusan Pembelian
Seorang konsumen akan melakukan sejumlah proses yang mendasari pengambilan
keputusan. Berikut ini adalah proses – proses pada saat sebelum dan setelah
melakukan pembelian suatu produk, yaitu :
1. Pengenalan
Masalah (Problem Recognition)
Merupakan sebuah
proses dimana konsumen akan membeli sebuah produk sebagai solusi terhadap
permasalahan yang sedang dihadapinya. Konsumen tidak dapat menentukan prduk apa
yang akan dibeli, jika tidak ada pengenalan masalah yang muncul.
2. Pencarian
Informasi ( Information Source)
Merupakan sebuah
proses lanjutan dari pengenalan masalah, dimana konsumen tersebut akan termotivasi
untuk mencari informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang
dihadapinya. Proses pencarian informasi tersebut dapat berasal dari dalam
memori (internal) maupun berdasarkan pengalaman orang lain (eksternal).
3. Mengevaluasi
Alternatif (Alternative Evaluation)
Merupakan sebuah
proses lanjutan dari pencarian informasi, dimana setelah konsumen tersebut
mendapatkan berbagai macam informasi konsumen tersebut akan mengevaluasi
alternatif – alternatif strategis apa saja yang akan dipilih untuk mengatasi
permasalahan yang dihadapinya.
4. Keputusan
Pembelian (Purchase Decision)
Merupakan sebuah
proses lanjutan dari mengevaluasi alternatif, dimana konsumen akan membuat
keputusan pembelian suatu produk yang diinginkan. Terkadang konsumen memerlukan
waktu yang cukup lama sebelum konsumen tersebut memutuskan untuk membeli produk
yang diinginkan, karena adanya hal-hal yang masih perlu dipertimbangkan.
5. Evaluasi
Pasca-Pembelian (Post-Purchase Evaluation)
Merupakan sebuah
proses setelah konsumen membeli suatu produk, dimana konsumen akan mengevaluasi
apakah produk tersebut sesuai dengan keinginannya. Didalam proses ini, dapat
terjadi kepuasan dan ketidakpuasan konsumen. Konsumen akan merasa puas jika
produk yang telah dibeli sesuai dengan keinginannya dan selanjutnya akan
meningkatkan permintaan terhadap merek produk tersebut pada masa yang akan
datang. Tetapi sebaliknya, konsumen akan merasa tidak puas jika barang yang
telah dibeli tidak sesuai dengan keinginannya dan hal ini akan menurunkan
permintaan konsumen pada masa yang akan datang.
·
Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan
Pembelian
Terdapat lima faktor internal
yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian, yaitu:
1. Motivasi
(Motivation)
Merupakan suatu
dorongan yang terdapat dalam diri seseorang guna mencapai suatu tujuan
tertentu.
2. Persepsi
(Perception)
Merupakan hasil
dari pemaknaan atau pandangan seseorang terhadap suatu kejadian yang
dihadapinya berdasarkan pada informasi dan pengalamannya terhadap kejadian
tersebut.
3. Pembentukan
Sikap (Attitude Formation)
Merupakan
penilaian yang terdapat dalam diri seseorang, yang mencerminkan sikap suka atau
tidak suka seseorang terhadap suatu hal.
4. Integrasi
(Integration)
Merupakan gabungan
antara sikap dan tindakan. Integrasi merupakan respon terhadap sikap yang
diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli suatu produk,
sebaliknya perasaan tidak suka akan membuat seseorang untuk tidak membeli suatu
produk.
REFERENSI: Wikipedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar