·
DEFINISI
Evaluasi
Alternatif adalah sebuah pertimbangan akan suatu barang yang ingin dibeli
dengan alternatif lainnya yang dilakukan oleh para pembeli atau konsumen
sebelum melakukan pembelian.
·
KRITERIA
EVALUATIF
Konsumen sering membuat keputusan berdasarkan pengaruh atau pada sikap secara keseluruhan terhadap merek atau untuk meminimalkan usaha atau emosi negatif. Kriteria Evaluatif
merupakan salah satu aktivitas dalam proses pengambilan suatu keputusan
konsumen dan memegang peranan penting dalam memprediksi perilaku pembelian
konsumen. Saat konsumen melakukan aktivitas tersebut, mereka sedang
mempertimbangkan elemen-elemen yang terdapat pada satu produk dan menilai
elemen mana yang lebih penting untuknya yang ia gunakan sebagai dasar keputusan
dalam memilih sebuah produk.
Sifat kriteria evaluatif biasanya fitur produk atau atribut yang terkait dengan baik manfaat yang diinginkan oleh pelanggan atau biaya yang harus mereka keluarkan. Jenis kriteria evaluatif digunakan dalam keputusan bervariasi dari segi biaya nyata dan kinerja untuk faktor intangible seperti gaya, rasa, prestise, perasaan yang dihasilkan, dan citra merek. Pemasar harus memahami
kriteria yang digunakan konsumen untuk mengevaluasi merek mereka.
Kriteria
evaluatif berisi dimensi atau elemen tertentu yang digunakan dalam menilai
alternatif-alternatif pilihan. Beberapa hal penting yang harus ditentukan dalam
Pengukuran
Kriteria evaluative, yaitu:
1)
Kriteria evaluatif yang digunakan
oleh konsumen.
2) Bagaimana konsumen mempersepsikan
berbagai alternatif pada setiap kriteria.
3)
Pentingnya relatif dari
masing-masing kriteria.
Kriteria alternatif dapat muncul dalam berbagai bentuk, misalnya dalam membeli mobil seorang konsumen mungkin mempertimbangkan kriteria, keselamatan, kenyamanan, harga, merek, negara asal (country of origin) dan juga spek hedonik seperti gengsi, kebahagiaan, kesenangan dan sebagainya. Beberapa kriteria evaluatif yang umum adalah:
1)
Harga
Harga merupakan salah satu unsur yang
menentukan pemilihan alternatif. Harga
menjadi poin penting dalam evaluasi alernatif untuk melihat apakah harga barang
tersebut sesuai dengan kemampuan ekonomi yang dimiliki. Konsumen
cenderung akan memilih harga yang murah untuk suatu produk yang ia mengerti
spesifikasinya. Namun jika konsumen tidak bisa mengevaluasi kualitas produk
maka harga merupakan indikator kualitas. Oleh karena itu strategi harga
hendaknya disesuaikan dengan karakteristik produk.
2)
Merek
Biasanya
sebelum kita melihat lebih jauh kita dapat menilai dari nama merek atau
produsen barang tersebut.
Merek terbukti menjadi faktor penting dalam pembelian obat. Nampaknya merek
merupakan penganti dari mutu dan spesifikasi produk. Ketika konsumen sulit
menilai kriteria kualitas produk, kepercayaan pada merek lama yang sudah
memiliki reputasi baik dapat mengurangi resiko kesalahan dalam pembelian.
3)
Negara
Asal Produk
Negara
dimana asal suatu produk dihasilkan merupakan salah satu yang di perhatikan
oleh beberapa kalangan konsumen. Negara sering mencitrakan kualitas
produk, contohnya konsumen mungkin sudah tidak meragukan lagi kualitas produk
elektronik dari Jepang. Sementara, untuk jam tangan nampaknya jam tangan buatan
Swiss meruapak produk yang handal tak teragukan.
4)
Saliensi
Kriteria Evaluasi
Konsep saliensi mencerminkan ide bahwa
kriteria evaluasi kerap berbeda pengaruhnya untuk konsumen yang berbeda dan
juga produk yang berbeda. Pada suatu produk mungkin seorang konsumen
mempertimbangkan bahwa harga adalah hal yang penting, tetapi tidak untuk produk
yang lain. Atribut yang mencook (salient) yang benar-benar mempengaruhi proses
evaluasi disebut sebagai atribut determinan.
5)
Model
Banyak
dari konsumen terutama wanita yang tertarik dengan tampillan atau model dari
suatu produk yang di inginkannya.
Contohnya casing handphone, banyak wanita yang lebih memilih tampilan atau
bentuk yang lucu di banding melihat fungsi dan kegunaannya.
6)
Kualitas
Tidak
sedikit dari para konsumen yang melihat kualitas produk yang mereka inginkan.
Uraian diatas dapat menjadi contoh dari evalusai alternative sebagai bahan pertimbangan untuk memilih dan membeli barang yang kita inginkan.
REFERENSI: seputar-mahasiswa.blogspot.com
Keren sob
BalasHapuswww.kiostiket.com