Welcome!!

Kamis, 29 November 2012

GAYA HIDUP KONSUMEN


Gaya hidup hanyalah salah satu cara mengelompokkan konsumen secara psikografis. Gaya hidup pada prinsipnya adalah bagaimana seseorang menghabiskan waktu dan uangnya. Ada orang yang senang mencari hiburan dengan teman-temannya, ada yang senang menyendiri, ada yang senang bepergian bersama keluarga, ada yang senang berbelanja, ada yang senang melakukan aktivitas yang dinamis, dan ada pula yang memiliki dan waktu luang dan uang berlebih untuk kegiatan sosial-keagamaan.

A.      DEFINISI-DEFINISI
1.       Menurut Plummer (1983)
Gaya hidup adalah cara hidup individu yang di identifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka (aktivitas), apa yang mereka anggap penting dalam hidupnya (ketertarikan) dan apa yang mereka pikirkan tentang dunia sekitarnya (pendapat).
2.       Menurut  Adler dalam Hall & Lindzey (1985)
Gaya hidup adalah hal yang paling berpengaruh pada sikap dan perilaku seseorang dalam hubungannya dengan 3 hal utama dalam kehidupan yaitu pekerjaan, persahabatan, dan cinta.
3.       Menurut Sarwono (1989)
Gaya hidup dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu konsep diri.
4.       Menurut Engel, Blackwell, dan Miniard (1995)
Gaya hidup adalah pola di mana orang hidup dan menggunakan waktu dan uangnya.
5.       Menurut Kotler dalam Sakinah (2002)
Gaya hidup merupakan sebuah penggambarkan “keseluruhan diri seseorang” yang berinteraksi dengan lingkungannya
6.       Menurut Hawkins dalam Nugroho (2002)
Gaya hidup adalah pola hidup yang berhubungan dengan uang dan waktu yang dilaksanakan oleh seseorang dan berhubungan dengan keputusan. Orang yang sudah mengambil suatu keputusan langkah selanjutnya adalah tindakan.
7.       Menurut Susanto dalam Nugrahani (2003)
Gaya hidup adalah perpaduan antara kebutuhan ekspresi diri dan harapan kelompok terhadap seseorang dalam bertindak berdasarkan pada norma yang berlaku. Oleh karena itu banyak diketahui macam gaya hidup yang berkembang di masyarakat sekarang misalnya gaya hidup hedonis, gaya hidup metropolis, gaya hidup global dan lain sebagainya.
8.       Menurut Hair dan McDaniel
Gaya hidup adalah cara hidup, yang diidentifikasi melalui aktivitas seseorang, minat, dan pendapat seseorang. Penilaian gaya hidup dapat dilakukan melalui analisa psychografi. Psychografi merupakan teknik analisis untuk mengetahui gaya hidup konsumen sehingga dapat dikelompokkan berdasarkan karakteristik gaya hidupnya.
9.       Menurut Kasali
Gaya hidup mencerminkan bagaimana seseorang menghabiskan waktu dan uangnya yang dinyatakan dalam aktivitas-aktivitas, minat dan opini-opininya. Pendekatan gaya hidup cenderung mengklasifikasikan konsumen berdasarkan variabel-variabel Activity, Interest, Opinion, yaitu aktivitas, interes (minat), dan opini (pandangan-pandangan). Gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang, dan akhirnya menentukan pilihan-pilihan konsumsi seseorang.
10.   Menurut Setiadi
Gaya hidup seseorang dapat dicerminkan oleh sikap tertentu yang dimiliki konsumen terhadap suatu objek tertentu. Gaya hidup seseorang bisa juga dilihat dari apa yang disenangi, ataupun pendapatnya mengenai objek tertentu.

B.      Faktor-Faktor yang mendasari Gaya Hidup Konsumen
Gaya hidup konsumen didasari oleh faktor sosial dan psikologi. Hal tersebut dipengaruhi oleh latar belakang demografi orang tersebut.
1.       Faktor Sosial
Faktor-faktor sosial yang berguna untuk memahami gaya hidup konsumen adalah :
-          Budaya
adalah hal yang dianut oleh sekelompok orang seperti kepercayaan, norma-norma, dan adat istiadat.
-          Kelas Sosial
adalah tingkatan informal dari masyarakat berdasarkan tingkat pendapatan, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan dan faktor-faktor yang lain. Disana akan terdapat orang-orang dengan nilai dan gaya hidup yang sama di setiap tingkat kelas sosial.
-          Reference Groups
adalah kumpulan orang-orang yang mempengaruhi pemikiran dan kebiasaan masyarakat.
-          The Family Life Cycle
adalah menggambarkan bagaimana sebuah keluarga tradisional berubah menjadi keluarga masa kini (orang-orang yang tidak pernah menikah, orang tua yang bercerai, single parent families, pasangan yang masih anak-anak, dan yang lainnya) dimana pada setiap tingkatan terdapat kebiasaan, kebutuhan, pembelian, dan pendapatan yang berbeda.
-          Kegunaan Waktu
adalah mengarah pada tipe-tipe aktifitas dimana setiap orang ikut di dalamnya dan sejumlah waktu memang dialokasikan untuk mereka. Beberapa kategori luas dari kegunaan waktu adalah bekerja, transportasi, makan, rekreasi, hiburan, tidur, dan berbelanja (apa yang diharapkan oleh retailer).

2.       Faktor Psikologi
Faktor-faktor psikologi yang berguna untuk memahami gaya hidup konsumen adalah :
-          Personality
adalah total keseluruhan karakter / pembawaan individual yang membuat individual tersebut unik. Karakter yang ada di dalam seseorang adalah level kepercayaan diri, keinovatifan, otonomi, kemampuan bersosialisasi, stabilitas emosional, dan ketegasan seseorang.
-          Kelas
adalah hal yang terdiri penyampaian dari hasrat seseorang dan mengejar status sosial. “A class conscious person” dinilai dari barang-barang yang istimewa, service, dimana mereka mementingkan pembelian yang menandakan prestige mereka.
-          Kebiasaan
adalah perasaan seseorang yang positif, netral, atau negatif tentang ekonomi, politik, barang, jasa, institusi, dan lainnya.
-          Resiko yang Diterima
adalah level atau tingkat resiko yang dipercayai ada mengenai pembelian dari barang atau jasa yang diterima dari retailer. Ada enam type, yaitu : Functional, Physical, Financial, Social, Psychological, Time

C.      Manfaat memahami Gaya Hidup Konsumen
Berikut ini adalah beberapa manfaat jika memahami gaya hidup konsumen, yaitu:
1. Pemasar dapat menggunakan gaya hidup konsumen untuk melakukan segmentasi pasar sasaran.
2. Pemahaman gaya hidup konsumen juga akan membantu dalam memposisikan produk di pasar dengan menggunakan iklan.
3. Jika gaya hidup diketahui, maka pemasar dapat menempatkan iklannya pada media-media yang paling cocok.
4. Mengetahui gaya hidup konsumen, berarti pemasar bisa mengembangkan produk sesuai dengan tuntutan gaya hidup mereka.


                      id.shvoong.com
                      fidri-fidri.blogspot.com

6 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Gaya Hidup', silahkan

    dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3608/1/JURNAL.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. terimakasih postingannya, gan :)

    BalasHapus
  3. situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,judi bola online,poker online indonesia, daftar situs poker online indonesia
    poker 88,situs poker online indonesia uang asli,situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia
    nice post....
    article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
    maju terus sob,,,
    kunjungi blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
    dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
    link alternatif http://www.oliviaclub.net/oliviaclub/index.php
    oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
    Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
    yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,,

    BalasHapus
  4. salam berbagi info salam sukses goo.gl/Rmeey3

    BalasHapus