Sebelum seorang konsumen
memutuskan untuk membeli atau mengkonsumsi suatu produk, pastinya konsumen
tersebut harus menyukai atau mengingini produk tersebut sesuai dengan
kebutuhannya. Maka diperlukanlah suatu proses pembentukan sikap konsumen
terhadap produk tersebut, agar konsumen tidak menyesal dikemudian hari.
A. DEFINISI
- Sikap
adalah sebuah ungkapan dalam bentuk perilaku atas perasaan , keyakinan, dan
kepercayaan seseorang terhadap suatu objek (misalnya: orang lain, benda, ide,
dll). Biasanya ditandai dengan perasaan suka dan tidak suka.
- Sikap
Konsumen adalah suatu gambaran dari perasaan, keyakinan, dan kepercayaan
seorang konsumen terhadap berbagai atribut dan manfaat dari sebuah objek.
B. KARAKTERISTIK
/ KONSEP SIKAP KONSUMEN
1.
Memiliki Objek
Objek yang dimaksud berkaitan dengan konsep konsumsi
dan pemasaran seperti produk, jasa,
brand (merk), harga, iklan, kemasan, dan sebagainya.
2.
Konsistensi Sikap
Perilaku seorang konsumen merupakan sebuah gambaran
dari sikap konsumen tersebut. Secara
relatif, sikap selalu konsisten dengan perilaku yang diperlihatkan konsumen
tersebut.
3.
Sikap itu Terarah
Dikatakan terarah karena sikap menyebabkan seseorang
memiliki pandangan yang positif atau negatif terhadap suatu objek.
4.
Intesitas Sikap
Menggambarkan seberapa besar kesukaan atau
ketidaksukaan seseorang terhadap suatu objek. Biasanya dinyatakan dalam
tingkatan seperti: sangat suka, suka, biasa, tidak suka, dan sangat tidak suka.
5.
Resistensi Sikap
Sikap juga resisten terhadap perubahan, dimana sekali
sikap terbentuk maka akan sulit mengubahnya. Walaupun begitu, bukan berarti
sikap tidak dapat berubah. Sikap bisa saja berubah, namun hal tersebut sulit.
6.
Persistensi Sikap
Yang dimaksud dari persistensi sikap adalah sikap
dapat berubah seiring dengan berlalunya waktu.
7.
Keyakinan Sikap
Keyakinan yang dimaksud adalah kepercayaan seseorang
akan kebenaran sikap yang dimilikinya. Sifat juga dapat dipengaruhi oleh adat
kebudayaan atau agamanya.
8.
Sikap dan Situasi
Situasi merupakan suatu peristiwa atau keadaan.
Situasi akan mempengaruhi hubungan antara sikap dan perilaku seseorang terhadap
suatu objek.
9.
Pembelajaran Predisposisi
Predisposisi biasa disebut kecenderungan umum. Dalam
sikap, ada kecenderungan umum yang dipelajari atau dibentuk, karena sikap
memiliki kualitas motivasional yang mampu mendorong seseorang kepada suatu
perilaku tertentu. Sikap seseorang dapat terbentuk atas pembelajaran dari
pengalaman dan informasi yang dimiliki.
C. FUNGSI
SIKAP KONSUMEN
1.
Fungsi Utilitarian
Maksudnya seorang konsumen menyukai suatu produk
karena ingin memperoleh manfaat dari produk tersebut atau menghindari resiko
produk.
2.
Fungsi Mempertahankan Ego
Maksudnya sikap dapat melindungi citra seorang
konsumen (mengurangi rasa minder atau meningkatkan kepercayaan dirinya).
3.
Fungsi Ekspresi Nilai
Maksudnya sikap akan menggambarkan minat atau hobi
seorang konsumen.
4.
Fungsi Pengetahuan
Maksudnya sikap positif seorang konsumen terhadap
suatu produk mencerminkan pengetahuan konsumen akan suatu produk.
D. 3
KOMPONEN SIKAP KONSUMEN
1.
Komponen Kognitif
Kepercayaan, keyakinan, atau persepsi seorang konsumen
terhadap suatu objek. Biasanya diperoleh atas pengetahuan konsumen tersebut
dari pengalaman dan informasi yang dimilikinya.
2.
Komponen Afektif
Emosi atau perasaan seorang konsumen terhadap suatu
objek tertentu. Biasanya dengan adanya perasaan suka atau tidak suka konsumen terhadap
objek tersebut.
3.
Komponen Konatif
Kecenderungan tindakan atau perilaku seorang konsumen
terhadap suatu objek tertentu. Biasanya tindakan konsumen untuk membeli atau
menolak objek tersebut.
REFERENSI : sengguruh.dosen.narotama.ac.id
Thank's Infonya Bray .. !!!
BalasHapuswww.bisnistiket.co.id