Welcome!!

Rabu, 28 November 2012

SIKAP KONSUMEN


Sebelum seorang konsumen memutuskan untuk membeli atau mengkonsumsi suatu produk, pastinya konsumen tersebut harus menyukai atau mengingini produk tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Maka diperlukanlah suatu proses pembentukan sikap konsumen terhadap produk tersebut, agar konsumen tidak menyesal dikemudian hari.
A.      DEFINISI
-   Sikap adalah sebuah ungkapan dalam bentuk perilaku atas perasaan , keyakinan, dan kepercayaan seseorang terhadap suatu objek (misalnya: orang lain, benda, ide, dll). Biasanya ditandai dengan perasaan suka dan tidak suka.
-  Sikap Konsumen adalah suatu gambaran dari perasaan, keyakinan, dan kepercayaan seorang konsumen terhadap berbagai atribut dan manfaat dari sebuah objek.

B.      KARAKTERISTIK / KONSEP SIKAP KONSUMEN
1.       Memiliki Objek
Objek yang dimaksud berkaitan dengan konsep konsumsi dan pemasaran seperti  produk, jasa, brand (merk), harga, iklan, kemasan, dan sebagainya.
2.       Konsistensi Sikap
Perilaku seorang konsumen merupakan sebuah gambaran dari sikap konsumen  tersebut. Secara relatif, sikap selalu konsisten dengan perilaku yang diperlihatkan konsumen tersebut.
3.       Sikap itu Terarah
Dikatakan terarah karena sikap menyebabkan seseorang memiliki pandangan yang positif atau negatif terhadap suatu objek.
4.       Intesitas Sikap
Menggambarkan seberapa besar kesukaan atau ketidaksukaan seseorang terhadap suatu objek. Biasanya dinyatakan dalam tingkatan seperti: sangat suka, suka, biasa, tidak suka, dan sangat tidak suka.
5.       Resistensi Sikap
Sikap juga resisten terhadap perubahan, dimana sekali sikap terbentuk maka akan sulit mengubahnya. Walaupun begitu, bukan berarti sikap tidak dapat berubah. Sikap bisa saja berubah, namun hal tersebut sulit.
6.       Persistensi Sikap
Yang dimaksud dari persistensi sikap adalah sikap dapat berubah seiring dengan berlalunya waktu.
7.       Keyakinan Sikap
Keyakinan yang dimaksud adalah kepercayaan seseorang akan kebenaran sikap yang dimilikinya. Sifat juga dapat dipengaruhi oleh adat kebudayaan atau agamanya.
8.       Sikap dan Situasi
Situasi merupakan suatu peristiwa atau keadaan. Situasi akan mempengaruhi hubungan antara sikap dan perilaku seseorang terhadap suatu objek.
9.       Pembelajaran Predisposisi
Predisposisi biasa disebut kecenderungan umum. Dalam sikap, ada kecenderungan umum yang dipelajari atau dibentuk, karena sikap memiliki kualitas motivasional yang mampu mendorong seseorang kepada suatu perilaku tertentu. Sikap seseorang dapat terbentuk atas pembelajaran dari pengalaman dan informasi yang dimiliki.

C.      FUNGSI SIKAP KONSUMEN
1.       Fungsi Utilitarian
Maksudnya seorang konsumen menyukai suatu produk karena ingin memperoleh manfaat dari produk tersebut atau menghindari resiko produk.
2.       Fungsi Mempertahankan Ego
Maksudnya sikap dapat melindungi citra seorang konsumen (mengurangi rasa minder atau meningkatkan kepercayaan dirinya).
3.       Fungsi Ekspresi Nilai
Maksudnya sikap akan menggambarkan minat atau hobi seorang konsumen.
4.       Fungsi Pengetahuan
Maksudnya sikap positif seorang konsumen terhadap suatu produk mencerminkan pengetahuan konsumen akan suatu produk.

D.      3 KOMPONEN SIKAP KONSUMEN
1.       Komponen Kognitif
Kepercayaan, keyakinan, atau persepsi seorang konsumen terhadap suatu objek. Biasanya diperoleh atas pengetahuan konsumen tersebut dari pengalaman dan informasi yang dimilikinya.
2.       Komponen Afektif
Emosi atau perasaan seorang konsumen terhadap suatu objek tertentu. Biasanya dengan adanya perasaan suka atau tidak suka konsumen terhadap objek tersebut.
3.       Komponen Konatif
Kecenderungan tindakan atau perilaku seorang konsumen terhadap suatu objek tertentu. Biasanya tindakan konsumen untuk membeli atau menolak objek tersebut.



                      giyantops.files.wordpress.com

1 komentar: