Sumber Daya
Konsumen adalah semua pendapatan atau kekayaan yang dimiliki seorang konsumen
yang bertujuan untuk menentukan apa yang akan dibeli oleh konsumen (keputusan konsumen).
Sumber daya konsumen terhadap pembelian
terkait dengan pendapatan yang didapat setiap konsumen. Tinggi atau rendahnya pendapatan
konsumen, mempengaruhi pengeluaran mereka terhadap suatu barang.
Terdapat 3 macam
sumber daya konsumen yaitu:
1.
Sumber Daya Ekonomi – Uang
Sumber daya Konsumen dipengaruhi
oleh potensi sumber daya ekonomi, atau biasa dikenal dengan potensi ekonomi. Keadaan
ekonomi konsumen sangat mempengaruhi konsumen tersebut dalam mengambil suatu
keputusan. Keputusan konsumen sehubungan dengan produk sangat dipengaruhi oleh jumlah sumber daya
ekonomi yang dimiliki pada saat ini maupun pada masa yang akan datang. Berikut ini
adalah pembagian sumber daya ekonomi (pendapatan) konsumen, yaitu:
a)
Sumber daya ekonomi individu.
b)
Sumber daya ekonomi keluarga.
c)
Sumber daya ekonomi rumah tangga.
Selain pendapatan, sumber daya ekonomi
lainnya yaitu kekayaan (asset / nilai bersih) dan kredit. Kekayaan seseorang berkorelasi
dengan pendapatan orang tersebut.
2.
Sumber Daya Temporal – Waktu
Waktu menjadi salah satu variabel
yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. Banyak konsumen yang semakin
mengalami kemiskinan akan waktu, karena kesibukan dalam kegiatan sehari-hari.
Namun demikian ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang
sangat peribadi yaitu waktu senggang. Secara historis, anggaran waktu konsumen
dianggap memiliki dua komponen, yaitu waktu kerja dan waktu senggang. Menurut
Lane dan Lindquist, anggaran waktu konsumen terbagi atas:
a)
Waktu yang menghasilkan pendapatan
b)
Waktu terikat (wajib dan non-wajib)
c)
Waktu tidak terikat (terencana dan tidak
terencana)
3.
Sumber Daya Kognitif – Perhatian
Sumber daya kognitif menggambarkan
kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan berbagai kegiatan pengolahan
informasi. Karena kapasitas tersebut terbatas, orang harus selektif dalam apa
yang mereka perhatikan dan berapa banyak perhatian dialokasikan selama
pengolahan informasi. Perhatian terdiri dari dua dimensi:
a)
Arahan (direction) menggambarkan fokus perhatian
b)
Intensitas mengacu pada jumlah kapasitas yang
difokuskan pada arahan tertentu.
REFERENSI : slideserve.com/Armanranala
Thank's Infonya Bray .. !!!
BalasHapuswww.bisnistiket.co.id