·
Definisi
Belanja daring
atau yang biasa dikenal dengan sebutan “Belanja On-line (On-line Shopping)”
adalah kegiatan pembelian suatu produk
dan jasa melalui media Internet.
Melalui
belanja on-line, konsumen tidak perlu repot-repot untuk mendatangi tempat
dimana produk atau jasa tersebut dijual. Cukup hanya bermodalkan media komputer
/ notebook / ponsel yang tersambung dengan layanan internet, konsumen dapat langsung
bertransaksi dengan penjual di seluruh dunia.
·
Sejarah
Belanja
on-line pertama kali digunakan di Inggris pada 1979 oleh Michael Aldrich dari
Redifon Computers. Beliau menyambungkan televisi
berwarna dengan komputer yang mampu memproses transaksi secara realtime melalui
sarana kabel telepon. Sejak tahun 1980, beliau menjual sistem belanja on-line
yang beliau temukan di berbagai penjuru Inggris dan beberapa negara di daratan
Eropa.
Pada
tahun 1992, Charles Stack membuat toko buku on-line pertamanya yang bernama “Book
Stacks Unlimited” dan kemudian berkembang menjadi “Books.com”. Lalu dua tahun
kemudian, Jeff Bezos membuat situs web “Amazon.com”. Selain itu , Pizza Hut
juga menggunakan media belanja on-line untuk memperkenalkan pembukaan toko
pizza on-line.
Pada
tahun 1994, Netscape memperkenalkan “SSL encryption of data transferred on-line”
untuk mengamankan transaksi on-line dan bebas dari pembobolan.
Lalu
pada tahun 1995, berdirilah “eBay” yaitu sebuah situs belanja on-line yang
kemudian berkembang dan menjadi salah satu situs transaksi on-line terbesar di
dunia sampai saat ini.
·
Media Belanja On-line
Berikut ini
adalah beberapa media on-line yang digunakan sebagai tempat untuk berbelanja on-line,yaitu
:
1.
Blog (via Blogspot.com, Wordpress.com, dll)
2.
Situs Web (Amazon.com, TokoBagus.com,
Kaskus.co.id, dll)
3.
Situs jejaring social (via Facebook, Twitter,
dll)
·
Keuntungan Belanja On-line
1. Konsumen tidak perlu mendatangi tempat penjualan
produk atau jasa yang ingin dibeli.
2. Pemilihan produk atau jasa dapat dilakukan
dimana saja dan kapan saja, contohnya : di rumah, kantor, dll.
3. Penjual tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar
untuk membangun sebuah toko. Penjual hanya cukup bermodalkan media komputer
atau ponsel yang tersambung dengan
layanan internet.
·
Kelemahan Belanja On-line
1. Terkadang kualitas barang yang diinginkan tidak
sesuai dengan kualitas yang tercantum di website.
2. Sering terjadinya aksi penipuan, dimana kasus
yang sering terjadi barang yang sudah dibeli tidak dikirim oleh si penipu
padahal konsumen sudah mengirimkan uang yang telah disepakati.
3. Sering terjadinya kerusakan pada produk yang
dibeli, karena produk dikirimkan melalui media pengiriman (contoh: Pos, Titipan
Kilat, dll).
4. Sering terjadinya pembobolan rekening, karena transaksi
pembayaran dilakukan melalui internet.
REFERENSI : Wikipedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar